Sabtu, 01 Februari 2014

Kemiripan tokoh dan peristiwa dalam film Naruto dengan kejadian di Indonesia

Para penikmat anime pasti tau dengan Naruto.Bila kita perhatikan dengan seksama,ada beberapa kesamaan tokoh dan peristiwa dalam animasi Naruto dan kejadian di Negara kita Indonesia.
Berikut data-data yang berhasil dikumpulkan sebagai bukti kemiripan keduanya :
* Kemiripan Nama.
Naruto(Jepang) = Narto(Indonesia)
Naruto Shippuden(Jepang) = Narto Syaifuddin(Indonesia).
* Asal Negara.
Naruto dikisahkan berasal dari Negara Api dengan iklim yang cerah dan hangat.Ini sama dengan di Negara kita Indonesia,dimana banyak gunung api yang masih aktif.
* Desa Tempat Tinggal.
Penggemar serial Naruto pasti tahu Desa Konoha,yang berarti Desa Daun.Di Indonesia juga ada Desa Daun,terletak di Kecamatan Sangkapura,Pulau Bawean,Jawa Timur.
* Sebutan bagi Pimpinan.
Hokage = Presiden RI
Antara keduannya juga mempunyai kemiripan,diantaranya :
1. Hokage pertama ; Senju Hasirama Shodaime,adalah Founding Father-nya Konoha.Presiden Soekarno dikenal sebagai Founding Father-nya Indonesia.
2. Hokage ke dua ; Senju Tobirama,adalah penerus dari Shodaime.Soeharto adalah penerus dari Soekarno.Rambut putih menjadi ciri khas mereka berdua.
3. Prof.BJ.Habibie,dikenal sebagai Presiden yang paling pintar.Hokage ke tiga ; Sarutobi,adalah Hokage yang mempunyai julukan "The Professor" karena mengetahui dan menguasai segala jurus Ninja di Konoha.
4. Hokage ke empat ; Namikaze Minato(ayah Naruto),menjadi Hokage hanya sebentar,karena dia mati muda(melawan kyuubi musang berekor sembilan).Gus Dur dikenal juga menjabat sebagai presiden dalam waktu singkat(2 tahun) karena dilengserkan.
5. Hokage ke lima ; Tsunade,adalah hokage wanita pertama Konoha dan merupakan keturunan langsung Hokage pertama.Megawati adalah Presiden wanita pertama Indonesia,merupakan putri Presiden pertama.
6. Presiden ke enam RI adalah SBY.Hokage ke enam belum ada,karena ketika Tsunade terluka,Danzo hanya menjadi pejabat sementara.Calon terkuat adalah Hatake Kakashi.Antara Danzo dan Kakashi,keduanya sama-sama gagah.
Apakah SBY = Danzo?
Persamaan keduanya dari kubu militer(Anbu = militer di Konoha).
Pada masa pemerintahan Tsunade,Danzo itu hanya pejabat sementara,yang menggantikan Tsunade waktu sakit parah.Jadi belum resmi menjadi Hokage ke enam.Para Tetua menyarankan agar Danzo sementara menjalankan tugas Hokage,untuk ikut pertemuan para Kage.Justru saat kekacauan terjadi,para Shinobi dari Konoha lebih memilih Kakashi untuk menjadi Hokage.Apalagi setelah Danzo terbukti berhianat dan kemudian tewas.Walaupun akhirnya Kakashi tak jadi Hokage karena Tsunade sehat kembali dan dapat bertugas lagi.Kondisi ini mirip dengan presiden kita.SBY adalah presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat.Kalau yang sebelumnya kan dipilih oleh MPR/DPR,kalau di Konoha ada Dewan Penasihat(Elder).
* Tingkatan Militer.
Ninja = Tingkatan TNI/POLRI
~ Genin = Tamtama
~ Chunin = Bintara
~ Jonin = Perwira
~ Tokubetsu Jonin(Special Jonin) = Perwira menengah
~ Jonin Hancho(Commander Jonin) = Perwira tinggi(Jenderal)
* Motif jubah Akatsuki.
Para penggemar Naruto pasti tau dengan kelompok Akatsuki(sekumpulan Ninja penghianat yang menjadi musuh semua Negara Ninja),coba kita perhatikan motif jubah mereka.Mirip dengan motif batik Mega Mendung dari Cirebon.Coba lihat gambarnya :
batikcirebon.jpeg
Batik Mega Mendung Cirebon
jubahakatsuki.jpeg
Jubah Akatsuki.
Demikianlah beberapa kemiripan tokoh dan peristiwa dalam anime Naruto dan Negara tercinta Indonesia.
Posting ini hanya bersifat hiburan semata,tidak bermaksud mengakui kebudayaan Negara lain.
Hasil Copas dari : Berbagai Sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.